Tempat Wisata Kawah Ratu Tangkuban Perahu Bandung

Rate this post

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Kawah Ratu bukan? Kawah mirip sungai ini merupakan hasil letusan Gunung Salak sebelum tahun 1938.

Tempat Wisata Kawah Ratu Tangkuban Perahu Bandung

Kawah Ratu adalah tempat wisata yang terkenal di Bandung saat ini. Hingga saat ini, kawah gunung berapi ini masih aktif. Anda bisa melihatnya dari uap panas yang naik di atas permukaan air kawah.

Tempat-Wisata-Kawah-Ratu-Tangkuban-Perahu-Bandung

Air kawah ini mengandung gas belerang. Asap yang mengepul membuat kawah ini terlihat eksotis.

Tempat wisata alam di bandung ini sangat indah. Kawah ini seperti aliran sungai dengan air sungai yang biru jernih. Mungkin banyak yang mengira tempat ini berada di luar negeri.

Namun tak disangka, kawah indah ini menjadi objek wisata unggulan di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Sekilas Tentang Kawah Ratu

Kawah Ratu merupakan tempat wisata alam dengan fitur landscape yang sangat lengkap. Selain kawah itu sendiri, daerah sekitarnya terdiri dari air terjun, hutan pinus dan area lapangan yang luas.

Coba perhatikan. Di dekat kawah terdapat air terjun yang terkenal bernama Curug Seribu. Setelah kawah, air terjun ini sering menjadi tujuan wisata populer.

Selain itu, ada lagi air terjun terkenal yang juga berada di kawasan yang sama dengan kawah ini, yaitu Curug Bidadari.

Kawah ini terletak di pilar terakhir sebelum puncak Salak dan berada di ketinggian 1437 m. Luasnya sekitar 2 hektar dengan komposisi batuan.

Secara geografis, tempat wisata alam ini terletak di kaki Gunung Salak, lebih tepatnya di lereng selatan. Secara administratif, kawah ini kini masuk dalam wilayah Desa Cidahu, Kabupaten Sukabumi.

Kawah ini juga menjadi tujuan utama bagi para pecinta trekking dan hiking. Karena lokasinya yang hanya berada di lereng, kawah ini sering menjadi sasaran panjat tebing sebelum mendaki ke gunung yang lebih tinggi.
Daya tarik Kawah Ratu

Wisata Kawah Ratu Bandung

Ada beberapa daya tarik utama dari tempat wisata populer di Bandung ini. Daya tarik pertama adalah adanya campsite atau area khusus camping.

Total ada 3 blok bumi perkemahan dan kawasan ini sudah memiliki fasilitas pendukung seperti toilet umum dan warung makan.

Daya tarik kedua adalah air terjun. Setidaknya ada 7 air terjun yang tersebar di berbagai tempat. Dari 7 air terjun tersebut, hanya 5 air terjun yang bisa dikunjungi.

Kelima air terjun tersebut antara lain Curug Dua Tangga, Curug 1, Curug Ngumpet, Curug 3 dan Curug 2.

Daya tarik ketiga adalah kawah itu sendiri. Kawah ini sangat indah. Bebatuan di sekitar kawah berwarna putih bersih.

Sedangkan air kawah yang terlihat berwarna biru terlihat sangat kontras namun indah seperti di Kawah Putih.
Fasilitas di Queen’s Crater

Meski berada di atas gunung, fasilitas di wisata alam ini cukup lengkap. Terdapat tempat parkir mobil yang layak sehingga pengunjung yang membawa kendaraan dapat dengan nyaman memarkir kendaraannya.

Di kawasan wisata alam ini juga terdapat warung makan sederhana. Anda akan menemukan menu sederhana dengan harga terjangkau. Meski murah, rasa makanannya enak.

Bahkan ada satu atau dua kios yang menjual makanan khas Bandung berbahan singkong, seperti Peuyeum yang sangat terkenal.

Jika Anda tertarik untuk berkemah, ada tempat perkemahan di dekat kawah yang tersedia untuk digunakan. Berkemah di tempat seperti ini pasti akan menambah pengalaman seru selama liburan kamu di sini.

Di area perkemahan juga terdapat fasilitas toilet umum yang kondisinya cukup bersih.

Namun perlu kami sampaikan bahwa sebelum memulai camping, trekking atau hiking, ada baiknya untuk mencari informasi tentang panduan trekking, camping, dll di sini agar semuanya berjalan sesuai rencana.
Biaya masuk ke Kawah Ratu

Tempat wisata kawah gunung berapi ini gratis. Pengunjung hanya perlu membeli tiket masuk kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak yang juga murah.

Ada juga sedikit biaya parkir bagi pengunjung yang membawa kendaraan. Berikut daftar pengeluaran yang perlu Anda persiapkan:
Pembalasan Tarif
Tiket masuk gratis ke objek wisata kawah
Tiket masuk Taman Nasional Gunung Halimun Salak Rp10.000
Parkir motor Rp 5,000.00
Parkir Rp 10.000.00
Lokasi dan rute menuju Kawah Ratu

Tempat Wisata Kawah Ratu

Tempat wisata alam ini terletak di Desa Cidahu, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Anda dapat dengan mudah mencapai tempat ini dengan kendaraan pribadi.

Jika Anda datang dari arah Kota Bandung, arahkan mobil Anda ke Sukabumi.

Mengingat perjalanan masih cukup panjang, tak ada salahnya mampir sebentar untuk membeli oleh-oleh,

LIHAT JUGA :

salsawisata.com

Rental Mobil Jogja