7 Contoh Teks Diskusi Tentang Pendidikan

Rate this post

7 contoh teks diskusi tentang pendidikan

7 Contoh Teks Diskusi Tentang Pendidikan

Contoh teks diskusi tentang pendidikan dan strukturnya
Contoh teks diskusi tentang pendidikan dan strukturnya Mempelajari contoh teks diskusi tentang pendidikan dan strukturnya

Sebelum membahas tentang contoh teks diskusi, mungkin Anda masih bingung tentang ciri-ciri teks diskusi? Teks diskusi terdiri dari 4 jenis struktur, antara lain:

Keluaran. Masalah merupakan bagian dari masalah yang akan menjadi bahan pembicaraan.
Argumen pendukung, yaitu alasan-alasan yang terkandung dalam mendukung pokok bahasan.
Argumen menentang, yaitu argumen yang mengandung kebalikan dari argumen untuk.
Kesimpulan. Bagian ini berisi hasil akhir, yaitu kesimpulan dan rekomendasi atas suatu topik yang menjadi bahan pembahasan.

Lalu apa saja kaidah kebahasaan teks diskusi? Dalam hal kaidah kebahasaan, teks diskusi terdiri dari konjungsi, kontradiksi, dan perbandingan. Konjungsi kontradiktif adalah ungkapan atau kata penghubung antar kata, antar kalimat, antar kalimat dan antar kalimat yang menyatakan kontradiksi atau pertentangan. Contoh: … tetapi …, … sementara …

Sedangkan konjungsi perbandingan adalah ungkapan atau kata penghubung antar frase, antar kata, antar klausa dan antar kalimat yang menyatakan perbandingan. Contoh: … lebih … dari …
Contoh teks diskusi tentang pendidikan

Masalah: Pendidikan di Indonesia merupakan topik yang menarik untuk dibahas. Semua orang sudah tahu bahwa Indonesia terdiri dari banyak pulau.

Kondisi tersebut mempengaruhi sumber daya manusia setiap penduduk. Ada yang menganggap pendidikan di Indonesia sudah bagus, tapi ada juga yang bilang masih jelek.

Argumen yang mendukung: Bagi mereka yang setuju, itu terbukti. Sudah banyak sekolah berkualitas mulai dari PAUD hingga perguruan tinggi.

Argumen menentang: Beberapa orang memiliki pendapat yang berbeda. Pendidikan di Indonesia masih sangat buruk. Mereka berpendapat bahwa masih banyak anak yang tidak mengenyam pendidikan. Mereka adalah anak-anak dari keluarga miskin.

Kesimpulan: Fakta ini masih dapat ditemukan di beberapa daerah di Indonesia. Hal ini menjadi bukti bahwa secara keseluruhan pendidikan di Indonesia masih belum merata. Kualitas pendidikan terbaik, hanya di kota-kota besar. Pemerintah harus lebih serius menyikapinya.

Contoh teks diskusi tentang pembelajaran jarak jauh Contoh teks diskusi tentang pembelajaran jarak jauh

Masalah: Pemerintah memperkenalkan pembelajaran jarak jauh ketika pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Proses pembelajaran jarak jauh ini dilakukan dengan menggunakan teknologi internet. Seiring waktu, pemerintah mulai mempertimbangkan pengajaran tatap muka di sekolah. Namun dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Pro-argumen: Keputusan untuk mempelajari pembelajaran jarak jauh sangat beralasan. Hal ini dilakukan pemerintah untuk menekan penyebaran virus Covid-19 semaksimal mungkin, terutama di kalangan anak-anak. Namun, selama dua semester terakhir, siswa telah menerima pembelajaran online. Proses pembelajaran online kurang efektif bagi siswa dan guru.

Kontra-argumen: pertemuan tatap muka, masih belum efektif karena infeksi virus Covid-19 masih tinggi. Apalagi kini telah muncul varian baru yang bisa menyerang siapa saja, termasuk anak-anak.

Sumber :