Rahasia Membuat Iklan lebih Menarik

5/5 - (1 vote)

Cara Membuat Iklan Menarik, Trik Rahasia Mastah
Rahasia Membuat Iklan lebih Menarik

Ingin tahu cara membuat iklan yang menarik seperti Mastah? Siapkan kopi atau teh untuk simak artikel ini sampai habis.

Seperti yang Anda ketahui, iklan yang menarik = peningkatan keterlibatan = konversi.

Kuncinya adalah mencari tahu bagaimana membuat audiens tertarik, lalu penasaran, dan akhirnya membuat kesepakatan.

Jika Anda tahu triknya, Anda dapat menjual produk atau layanan apa pun di internet. Mari kita mulai dengan pertanyaan-pertanyaan berikut.

Apa yang Membuat Iklan Berhasil?

Iklan yang sukses umumnya mencakup empat elemen utama, yaitu:

Elemen visual yang menarik.
Hapus pesan.
Panggilan untuk bertindak.
konsistensi merek.

cara membuat iklan yang menarik

Keempat hal di atas wajib untuk setiap kampanye iklan Anda. Jika Anda melewatkan satu hal saja, peluang mendapatkan bonus lebih besar.

Karena itu, pelajari cara membuatnya terlihat menarik.
Bagaimana cara membuat iklan yang menarik?

Kami tidak menjamin bahwa cara ini akan 100% berhasil karena hasilnya tergantung pada usaha dan eksekusi Anda.

Berikut beberapa cara membuat iklan yang menarik dan menguntungkan:
Buat iklan yang relevan dengan audiens target

Misalkan Anda tidak suka minum jamu, tetapi Anda tetap melihat iklan produk jamu di beranda Facebook.

Ini berarti pengiklan disesatkan karena iklan tersebut sama sekali tidak relevan bagi Anda.

Padahal, salah satu cara untuk membuat iklan yang menarik adalah dengan mencocokkan relevansinya.

Sebagai salah satu upaya, Anda bisa mempelajari apa itu segmentasi pasar.
Gunakan topik saat ini untuk perhatian

Anda juga dapat menggunakan opsi kedua untuk membawa masalah saat ini ke kampanye iklan.

Namun harus tetap relevan dengan niche dan promosi Anda, ya.

Sebagai contoh, MotoGP Indonesia baru-baru ini di Mandalika ditandai dengan aksi pawang hujan.

Kemudian IDCloudhost cukup pintar untuk mendeteksi masalah tersebut. Mereka membuat iklan seperti ini:

“Anda tidak memerlukan dealer. Anda dapat mengelola cloud sendiri di IDCloudhost.”

kreatif ya
Tinggalkan pesan yang tak terlupakan

Setiap iklan memiliki pesan. Anda memiliki pesan, dan begitu juga pesaing Anda.

Bagaimana agar lebih menonjol?

Buat pesan yang tak terlupakan.

Anda melakukan ini dengan menyoroti manfaat unik produk Anda yang tidak dimiliki pesaing.

Misalnya, mereka memiliki layanan binatu dengan layanan antar-jemput gratis, sementara pesaing tidak menawarkan layanan ini.

Jadi tandai pesan “antar-jemput laundry gratis”.
Gunakan bahasa pelanggan Anda

Pada akhirnya, segmentasi pasar juga masuk akal untuk metode keempat ini.

Setelah Anda mengetahui demografi audiens Anda, gunakan data itu untuk menyesuaikannya dengan bahasa mereka.

Gunakan kata-kata khas atau nada suara yang sama.

Misalnya, jika Anda menargetkan audiens remaja, coba gunakan gaya bahasa “Jaksel” daripada bahasa standar yang kaku.

Iklan terkadang harus seperti percakapan dengan teman agar audiens mau mendengarkan.
Jadikan iklan seperti cerita fiksi

Sebuah studi menunjukkan bahwa 92% konsumen ingin mendengar lebih banyak cerita dari iklan.

Kami menjelaskan cara membuat iklan yang menarik seperti cerita fiksi.

Rumusnya adalah pahlawan mengalahkan penjahat untuk mencapai tujuan.

Pahlawannya adalah penonton/konsumen.

Setiap hero pasti memiliki tujuan, dalam hal ini konversi misalnya.

Sedangkan penjahat merupakan hambatan atau masalah yang perlu dipecahkan.

Brand juga harus dilibatkan, yakni sebagai penyedia solusi bagi sang jagoan.

Buat konten iklan yang intuitif

Intuitif berarti gerakan naluriah tanpa disuruh.

Di sinilah Anda perlu memahami bagaimana audiens memindai iklan.

Yang paling sederhana seperti tombol CTA harus di bawah setelah frase penawaran.

Tujuannya agar orang tidak lagi harus mendongak untuk bertindak.

Jika Anda menggunakan foto orang atau ilustrasi, penempatan dan posenya juga harus sesuai.
cara membuat iklan yang menarik
Sumber: singlegrain.com

Pada contoh di atas, gambar yang benar ada di sebelah kanan.

Pasalnya di mata orang yang ada di gambar melihat tombol CTA. Secara intuitif, penonton juga akan terlihat seperti ini.
Penerapan teknik FOMO

FOMO (Fear of Missing Out) adalah kondisi psikologis di mana seseorang takut kehilangan atau kehilangan.

FOTO juga merupakan teknik pemasaran yang kuat. Jadi ini seperti menakut-nakuti audiens Anda untuk melewatkan atau melewatkan kesempatan.
cara membuat iklan yang menarik

Teknik ini sering digunakan dalam periklanan online.

“Hanya 5 tempat tersisa untuk peserta!”

“Diskon Rp 20.000 hanya berlaku hari ini!”

Hanya ada dua pilihan, bertindak sekarang atau lewatkan kesempatan.
Buat penawaran lebih spesifik

Microsoft mengatakan Anda harus spesifik saat menawar dalam iklan.

Hapus frasa “Diskon besar” dan ganti dengan “diskon 70%”.

Namun, akan lebih baik jika itu jauh lebih spesifik.

Ganti persentase dengan nominal uang. Apalagi dengan promo diskon, cashback atau bonus.

Masuk akal!

Misalkan ada promosi diskon 30%. Konsumen masih harus berpikir, “Jika saya menghabiskan 64.000 rupee, berapa banyak diskon yang akan saya dapatkan, kan?”

Akan lebih mudah jika Anda secara khusus “diskon Rp 30.000!” akan menyebutkan.
bermain psikologi warna

Seorang desainer grafis harus memahami psikologi warna.

Pada dasarnya, ketika Anda baru, setiap warna tampaknya menyampaikan emosi yang berbeda.

Kissmetrics pernah melakukan penelitian tentang dampak warna pada pemasaran. Akibatnya, stimulasi warna memengaruhi sebagian besar pembelian.

Psikologi warna juga penting untuk brand awareness lho.
Gamifikasi Iklan
Sumber: McDonald’s

Terakhir, ada metode yang relatif baru, yaitu gamification.

Untuk melakukannya diperlukan keterampilan atau layanan khusus.

Iklan game sendiri sangat trendi. Anda juga bisa sering melihatnya saat membuka aplikasi atau game di ponsel Anda.

Konsep ini memungkinkan merek untuk menawarkan pengalaman interaktif kepada audiens mereka.

Pakar periklanan menyarankan agar iklan game dibuat sesederhana mungkin. Tidak perlu banyak elemen untuk membuat pengguna lebih mudah menerimanya.

Lihat beberapa contoh gamifikasi untuk iklan ini.
Kesimpulan

Membuat iklan yang menarik sangatlah sulit, apalagi jika tujuannya untuk meningkatkan konversi. Jika Anda ceroboh, biaya iklan Anda kemungkinan akan lebih besar daripada konversi. Itulah mengapa kami menyarankan Anda menjalankan pengujian A/B untuk menemukan formula yang tepat.

Sumber :