Pengertian Tanda Tangan Digital dan Cara Membuatnya

Definisi tanda tangan digital

Tanda tangan digital merupakan tanda tangan tulisan tangan yang terkadang memiliki gaya penulisan tertentu untuk nama seseorang atau tanda pengenal lain yang tertulis di dokumen sebagai bukti identitas dan kesiapan. Tanda tangannya berfungsi sebagai segel.

Pengertian-Tanda-Tangan-Digital-dan-Cara-Membuatnya

 

Berikut Ini Telah Kami Kumpulkan Yang Bersumber Dari Laman belajar matematika dasar Yang Akhirnya Saya Tuliskan Disini.

Pengertian Tanda Tangan Digital dan Cara Membuatnya

Tanda tangan digital adalah pesan elektronik yang secara unik mengidentifikasi pengirim pesan. Tanda tangan digital adalah tanda tangan di atas media elektronik yang fungsinya sama dengan tanda tangan manual yang biasa digunakan. Tanda tangan digital berisi serangkaian bit yang dapat dilakukan oleh fungsi elektronik menggunakan fungsi hash satu arah.

Fungsi hash satu arah adalah fungsi yang menerima masukan untuk diubah menjadi keluaran berukuran tetap (biasanya ukurannya lebih pendek dari masukan). Output dari fungsi hash juga disebut sebagai nilai intisari hash / pesan.

Pada dasarnya, tanda tangan digital (tanda tangan digital) dari dokumen apa pun berbeda dari dokumen lain karena diambil dari dokumen itu sendiri. Tentunya jika merubah dokumen untuk tanda tangan digital maka akan berubah juga di era digital seperti tanda tangan digital sekarang ini atau dalam bahasa indonesia disebut dengan tanda tangan digital yang fungsinya sama dengan tanda tangan manual yaitu untuk konfirmasi dokumen yang disimpan sebagai tanda persetujuan, tanda terima dan lain-lain dapat digunakan.

Aktivitas tanda tangan digital

Seperti yang disebutkan sebelumnya, teknologi enkripsi kunci publik memastikan bahwa pesan dikirim dengan aman, begitu pula transaksi lainnya. Dengan teknologi ini, pengirim dan penerima pesan masing-masing memiliki dua kunci, yaitu kunci privat dan kunci publik. Kunci pribadi tidak dibagikan dengan siapa pun, sedangkan kunci publik dibagikan dengan semua orang. Selama proses enkripsi pesan dengan kunci publik penerima, orang lain tidak dapat membacanya kecuali mereka memiliki kunci privat untuk membuka pesan tersebut.

Tanda tangan digital merupakan pengganti dari tanda tangan manual yang bersifat elektronik dan memiliki fungsi yang sama dengan tanda tangan manual. Tanda tangan digital juga merupakan rangkaian bit yang dibuat melalui komunikasi elektronik menggunakan fungsi hash satu arah dan kemudian mengenkripsi pesan dengan kunci pribadi pengirim. Tanda tangan digital bukanlah gambar digital dari tanda tangan yang digambar tangan atau tanda tangan yang diketik. Tanda tangan digital memiliki properti unik untuk setiap dokumen itu sendiri, dan beberapa perubahan pada dokumen menghasilkan tanda tangan digital yang berbeda. Tanda tangan digital dapat digunakan untuk tujuan yang sama seperti tanda tangan tulisan tangan, karena dapat berarti surat tanda terima, otorisasi, atau tujuan keamanan informasi penting lainnya.
Aktivitas tanpa tanda tangan digital

Tanda tangan yang tidak menggunakan sarana digital hanyalah tanda tangan biasa yang hanya bersifat manual dan membutuhkan alat tulis. Beda banget dengan tanda tangan digital, yang lebih aman dan bisa juga disimpan dengan paspor yang hanya kita yang tahu sendiri.

Jenis tanda tangan digital (tanda tangan digital)

Bibi: yaitu sebagai jaminan atas pesan yang tidak diubah dalam suatu pengiriman. Bisa juga diartikan sebagai kunci yang membuktikan keaslian sebuah kunci publik, identitas pengguna atau sumber yang berhak mengecek pesan yang akan dikirim sehingga penerima pesan dapat memastikan keaslian pengirim. Cryptanalyst tidak dapat mengirimkan pesan-pesan ini selain mengirim pesan-pesan ini sebagai rangkaian proses verifikasi pengguna ketika mereka masuk ke sistem.

Hanya berlaku untuk satu pengiriman dokumen, tanda tangan tidak dapat dipindahkan ke dokumen lain. Jika dokumen diubah, dokumen tidak lagi dapat dikirim.

Keaslian tanda tangan digital bisa diverifikasi oleh penerima dokumen atau pesan, meski belum pernah bertemu langsung.

Tanda tangan digital dokumen dapat berupa sidik jari dokumen dan stempel waktu dienkripsi menggunakan kunci pribadi pihak yang menandatangani dokumen. Tanda tangan digital menggunakan fungsi hash satu arah untuk memastikan bahwa tanda tangan digital hanya berfungsi untuk dokumen atau pesan yang dimaksud.

 

  Lihat Juga : Soal dan pembahasan matematika dasar sbmptn