Pengertian Futsal Menurut Para Ahli, Sejarah, Teknik, Peraturan & Posisi

Pahami futsal

Kata “futsal” berasal dari bahasa Spanyol “futbol” yang artinya sepak bola dan “sala” yang artinya ruang. Futsal Bida artinya sepak bola di luar angkasa.

 

Pengertian-Futsal-Menurut-Para-Ahli,-Sejarah,-Teknik,-Peraturan-&-Posisi

Mengerti futsal Menurut para ahli

Kamus futsal cerdas

Perasaan futsal adalah bola olahraga yang dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing beranggotakan 5 orang untuk memasukkan bola ke gawang lawan.

Dendy Sugono

Permainan futsal merupakan permainan sepak bola dengan lapangan bermain dan gawang yang lebih kecil dan dimainkan di lapangan yang cukup besar dengan 5 orang pemain.

Justinus Lhaksana

Futsal adalah permainan bola cepat dengan aspek lapangan yang lebih kecil.

Roeslan Hatta

Olahraga futsal merupakan permainan sepak bola mini yang dimainkan dalam ruangan dengan luas lapangan bermain 38 sampai 42 meter dan lebar 15 sampai 25 meter.

John D. tenanglah

Permainan futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing terdiri dari lima pemain. Selain lima pemain utama, setiap tim juga bisa memiliki pemain cadangan.

Sejarah awal futsal

Pertandingan futsal pertama kali dimainkan di Uruguay pada tahun 1930. Yang memainkan permainan futsal ini adalah seorang pelatih sepak bola dari Argentina bernama Juan Carlos Ceriani.

Sejarah futsal di Amerika Latin

Ada juga yang beranggapan bahwa sejarah permainan futsal berasal dari negaranya, seperti Brazil dan Kanada. Permainan ini bahkan lebih maju dan sekarang telah diatur oleh Asosiasi Sepak Bola Internasional atau lebih umum sebagai (FIFA).

Di negara Amerika Latin seperti Brazil, futsal banyak diminati sehingga berkembang pesat dan di negara ini muncul aturan futsal yang hampir sejalan dengan regulasi yang berlaku. Setelah regulasi tersebut ditetapkan, futsal semakin menyebar ke negara-negara Amerika Latin lainnya bahkan hingga ke seluruh pelosok dunia.

Sejarah futsal di Eropa

Di Italia, sejarah permainan futsal sudah dikenal sejak tahun 1950-an, dimulai dari pemain sepak bola dari Amerika Latin yang dikontrak oleh tim sepak bola di liga Serie A Italia saat itu. Di waktu senggang mereka memainkan permainan futsal dan futsal yang diminati oleh masyarakat luas, khususnya Italia.

Berbeda ketika pemain sepak bola di Inggris terbiasa berlatih dalam formasi enam lawan enam di lapangan rumput. Meningkatnya popularitas permainan ini di Inggris seperti diadakannya turnamen futsal pada saat itu didukung oleh London Express yang merupakan surat kabar harian terkenal di London pada saat itu.

Di Matador atau Spanyol, futsal berjalan lebih cepat. Ini karena gaya dan gaya permainan sepak bola di Spanyol hampir sama dengan di beberapa bagian Amerika Latin. Jadi, untuk sementara waktu memainkan game ini di masyarakat di Eropa, khususnya Spanyol.

Sejarah turnamen futsal

Kisah futsal berikutnya terjadi pada tahun 1965, ketika pertandingan sepak bola internasional pertama berlangsung. Pertandingan tersebut membuat Paraguay menjadi pemenang pertama. Tahun berikutnya, hingga 1979, Negara Tanggo memenangkan turnamen futsal. Brasil juga berhasil merebut gelar di Piala PAN Amerika yang digelar pertama kali pada 1980.

Sejarah Futsal dari FIFUSA hingga FIFA

Pada tahun 1974 perwakilan futsal dari berbagai negara bertemu untuk bertukar pikiran tentang futsal, dan akhirnya dibentuklah Asosiasi Federal Amerika Serikat (FIFUSA) yang bertindak sebagai organisasi resmi penyelenggaraan futsal. Dengan organisasi ini, futsal berkembang pesat di tingkat Amerika, Eropa, Asia dan Afrika.

Turnamen futsal pertama yang diluncurkan oleh FIFUSA berlangsung di Brazil pada tahun 1982. Dikarnakan, Futsal juga memajukan sepakbola dunia, dan pada akhirnya FIFA tertarik untuk memperlakukan futsal sebagai bagian dari sepakbola, termasuk menjadi tuan rumah Piala Dunia Futsal.

Jadi bukan hanya permainan futsal saja yang bisa anda mainkan, tetapi anda perlu mengetahui sejarah futsal agar dapat memperluas wawasan anda tentang futsal.

Aturan Futsal

Area lapangan

  • Ukuran: panjang 25-43 m x lebar 15-25 m
  • Blocking line: Garis lebar 8 cm, garis kontak menyamping, garis gawang di ujung dan garis melintang di tengah halaman; 3 m lingkaran tengah; Tidak ada dinding atau papan penghalang
  • Area penalti: 6 juta lengkungan dari setiap tiang gawang
  • Poin penalti: 6 m dari garis gawang
  • Poin penalti kedua: 10 m dari garis gawang
  • Zona Turnover: Area 5 m (5 m dari garis tengah) di sisi tribun lemparan
  • Tujuan: tinggi 2 m x lebar 3 m
  • Area lemparan permukaan: halus, rata dan tidak abrasif

 

bola

  • Ukuran: 4
  • Lingkar: 62-64 cm
  • Berat: 0,4-0,44 kg
  • Kekuatan lompat: 55-65 cm pada pantulan pertama
  • Bahan: kulit atau bahan lain yang sesuai (yaitu bahan yang tidak berbahaya)

Jumlah pemain (per tim)

  • Jumlah maksimal pemain untuk memulai permainan: 5, seorang penjaga gawang
  • Jumlah minimum pemain untuk menyelesaikan permainan: 2 (tidak terluka)
  • Jumlah maksimum pengganti: 7
  • Jumlah wasit: 2
  • Jumlah hakim baris: 0
  • Batasan jumlah pergantian pemain tidak dibatasi
  • Jenis pergantian pemain: “Turn Drift” (semua pemain kecuali penjaga gawang dapat masuk dan keluar lapangan permainan kapan saja; pergantian penjaga gawang hanya dapat dilakukan jika bola tidak dimainkan dan dengan persetujuan wasit)
  • Dan wasit tidak boleh menginjak arena arena, melainkan hanya boleh duduk di luar garis, kecuali jika ada cedera yang mengharuskan masuk ke lapangan.

 

Waktu bermain

  • Durasi normal: 2 × 20 menit
  • Waktu istirahat: 10 menit
  • Perpanjangan waktu: 2 × 5 menit (jika hasilnya masih seimbang setelah 2 × 20 menit waktu normal)
  • Adanya penalti (maksimal 5 gol) jika jumlah total gol dalam undian kedua tim berada di akhir perpanjangan waktu
  • Batas waktu: 1 per tim per aksi; Tidak ada waktu tambahan
  • Waktu penanganan kaki: maksimal 10 menit

Teknik dasar futsal

Kontrol bola

Teknik penguasaan bola pada permainan futsal bisa dilakukan pada kaki bagian dalam, kaki bagian luar, dan kaki depan dengan menggunakan sol sepatu. Teknik menguasai bola dengan sol sepatu anda di futsal sangatlah penting, sehingga harus dikuasai oleh setiap pemain.

Melewati / pengumpan

Pemberian makan dapat dilakukan di berbagai sisi kaki, yaitu dengan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, jari kaki, tumit atau lantai. Namun, yang terbaik adalah menggunakan kaki bagian dalam dengan arah datar atau sebagai pelapis panjang yang akan menyusup ke tanah karena pelapis tersebut memiliki keakuratan terbaik dibandingkan dengan yang lain.

Awas

Untuk mengakali lawan dalam permainan futsal, pemain futsal harus memiliki kemampuan menggiring bola. Ada beberapa teknik dribbling yang harus dikuasai dalam futsal. Berikut beberapa teknik dribbling di futsal:

Dribble dengan kaki luar Anda

Dengan teknik ini, pemain futsal bisa berjalan dengan kaki kanan di sisi kiri lawan atau sebaliknya. Akan tetapi, teknik ini tidak bisa menipu lawan dengan kaki kanan ke kanan dan sebaliknya.

Dribble dengan kaki bagian dalam Anda

Dengan teknik ini, pemain futsal bisa mengakali lawan ke arah kanan dengan menggunakan kaki kanan atau sebaliknya. Namun, teknik ini tidak bisa menipu lawan ke kiri jika sebaliknya, Anda menggunakan kaki kanan.

Dribble dengan punggung kaki Anda

Dribbling kaki belakang dapat menggiring bola dalam garis lurus saat tidak ada lawan di jalan. Namun, teknik ini kurang efektif dalam mengelabui lawan kiri atau kanan.

Tendang dengan keras

Teknik menendang keras yang efektif dalam futsal adalah menendang bola dengan kaki / sepatu, karena teknik ini membuat bola berputar cukup cepat dan bola juga bergerak lurus.

kecepatan

Ciri khas permainan futsal adalah kecepatan, sehingga pemain futsal mengisi daya dengan cepat dengan cara mengalirkan bola, berkeliling mencari ruang untuk mendapatkan umpan, dan bereaksi karena pemain futsal melakukan gerakan cepat dengan cara menipu dan mengatasi lawan, dan juga dapat dengan cepat mengatur formasi yang baik saat melakukan serangan atau pertahanan. Oleh karena itu, kecepatan sebagai salah satu teknik dasar futsal perlu dikuasai sepenuhnya.

Secara fisik

Karena futsal membutuhkan banyak latihan, berjalan dengan kecepatan membutuhkan fisik yang sesuai karena sangat sulit bagi pemain futsal yang tidak memiliki fisik yang bagus untuk bermain dengan kecepatan tinggi.
Posisi dan fungsi pemain futsal

kiper

Kiper harus berani menghadapi bola yang keras. Biasanya pada tendangan futsal memiliki kemampuan menggunakan bola yang membuat tendangannya menjadi sulit, walaupun ada juga pulpen yang mengutamakan akurasi sebagai kekuatan. Kemudian cobalah belajar “membelah” atau menyalurkan kaki ke kanan dan ke kiri. Ini sangat berguna untuk mengantisipasi bola datar ke kanan dan kiri.

jangkar

Bek atau bek terakhir di depan gawang harus standar dengan bola. Dalam posisi ini, pemain harus kuat dalam bertahan, kreatif dalam menjaga kecepatan permainan dan juga menjadi titik awal serangan dalam tim. Jika Anda memiliki ciri-ciri tersebut maka Anda cocok untuk bermain di posisi jangkar.

Mengapit

Pemain yang diposisikan di sayap identik dengan pemain kunci karena pergerakan mereka dapat mengubah arah permainan. Mereka terbiasa dengan menyisir sayap dan menawarkan umpan dan juga bisa menjadi solusi pamungkas. Namun di era futsal modern ini bukan hanya sekedar serangan standar, melainkan harus mampu bertahan dengan baik.

Biasanya umpan silang memiliki kecepatan lebih dari rekan setimnya karena ia harus bertahan secara ofensif dan mundur. Pemain dengan kaki kiri berada di sayap kiri. Jadi kaki kanan ada di sayap kanan. Ketika tidak satupun dari mereka dijadikan sebagai tim Anda juga.

Poros

Posisi pemain ini berada di latar depan. Itu seperti penyerang murni. Tugas Pivot adalah mendobrak target lawan dan juga membuka peluang bagi rekan satu tim. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, dia harus menangkap atau memutar makanannya, dia harus memiliki keseimbangan tubuh yang kuat.

Baca Juga: