Pengertian Fakta dan Opini : Ciri, Perbedaan dan Contoh

Kami sedang mendiskusikan fakta dan opini. Sebenarnya tidak serumit itu, tapi terkadang masyarakat masih belum bisa membedakan fakta dan opini apa, misalnya dengan ISU (pemikiran) yang berkembang sebelum Partai Rakyat muncul informasi yang masih bisa kita temukan hingga saat ini. Untuk informasi lebih lanjut, lihat artikel berikut tentang Fakta dan Opini:

Definisi fakta dan opini

pengertian-fakta-dan-opini

Fakta dan opini memiliki arti dan definisi yang berbeda, baik dalam kaitannya dengan fakta maupun dalam kaitannya dengan pemahaman opini, namun terkadang kita sulit membedakan antara fakta dan opini.

Pengertian fakta adalah hal, keadaan, peristiwa, atau peristiwa yang merupakan fakta atau sesuatu yang benar-benar terjadi. Sedangkan pengertian pendapat adalah pendapat, pemikiran atau pendapat yang belum dikenali atau tidak pasti kebenarannya artinya masih sebatas berfikir. Nah, dari pengertian tersebut kita sudah memahami perbedaan fakta dan opini. Namun untuk lebih memahami tentang perbedaan fakta dan pendapat, dijelaskan di bawah ini:

Perbedaan fakta dan opini

Faktanya adalah sesuatu telah terjadi. Dalam arti tertentu, fakta adalah potret / deskripsi sebenarnya dari suatu situasi, peristiwa, atau peristiwa. Oleh karena itu fakta ini sulit bahkan tidak mungkin untuk dibantah karena didasarkan pada apa yang terjadi dan karena sudah jelas, dapat dilihat atau diketahui banyak pihak. Fakta-fakta ini dapat berubah ketika ditemukan fakta-fakta baru yang jelas dan juga lebih akurat.

Sedangkan opini itu sendiri merupakan opini yang tidak pasti apakah benar atau tidak. Artinya, pendapat pribadi bisa benar, tetapi bisa juga salah. Suatu pendapat dapat mendekati sesuatu yang benar (truth) bila pendapat tersebut didukung atau didukung atau diperkuat dengan adanya fakta yang kuat dan meyakinkan.

Setelah mengetahui penjelasan perbedaan fakta dan pendapat di atas, maka akan kami jelaskan di bawah ini dengan menggunakan contoh fakta dan opini.

Contoh fakta dan opini

Di bawah ini adalah contoh fakta dan opini antara lain:

Contoh fakta

Tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional.
Penetapan tanggal 2 Mei, saat Hari Pendidikan Nasional dilaksanakan tahun 1959, adalah untuk mengenang pelayanan Ki Hadjar Dewantara yang juga dicanangkannya sebagai Bapak Pendidikan Nasional. Namun perlu Anda ketahui bahwa peringatan Hari Pendidikan Nasional 1967 efektif dilaksanakan pada era Soeharto.

Contoh opini

Daerah A mengalami hampir 100% kemiskinan di setiap desa, masyarakatnya miskin. dan wilayah itu juga akan hilang di tahun berikutnya.

Setelah kita memahami fakta dan opini tersebut, kita juga dapat menyimpulkan bahwa fakta adalah hal-hal yang terjadi dan biasanya didasarkan pada bukti. Sekarang opini adalah ide yang akan sangat bagus jika dilandasi oleh adanya sebuah fakta.

Sumber :