Pengertian Bandwidth dan Fungsinya

Rate this post

Bandwidth adalah jumlah maksimum transmisi yang dapat dilakukan secara bersamaan saat bertukar data. Kita sering mendengar kata bandwidth, terutama jika berbicara tentang Virtual Private Server (VPS). Apa yang dimaksud dengan bandwith internet?

Pengertian Bandwidth dan Fungsinya

Pada artikel ini, saya akan membahas pentingnya bandwidth, fitur bandwidth, cara kerja bandwidth, dan terakhir, hubungan antara bandwidth dan VPS. Bandwidth yang dibahas nanti dalam artikel ini adalah bandwidth Internet, tidak ada yang lain.

Pengertian-Bandwidth-dan-Fungsinya

Apa itu bandwidth internet?

Bandwidth adalah kapasitas yang dapat digunakan pada kabel Ethernet untuk memungkinkan lalu lintas paket data diteruskan pada maksimum yang ditentukan. Definisi lain dari bandwidth internet adalah jumlah konsumsi transfer data, dihitung dalam satuan waktu bit per detik (bps).

Jadi bandwidth internet adalah kapasitas maksimum jalur komunikasi untuk menangani pengiriman dan penerimaan data dalam hitungan detik.

Ada juga istilah bandwidth analog. Bandwidth analog adalah perbedaan antara frekuensi terendah dan frekuensi tertinggi dalam rentang frekuensi yang dapat diukur dalam Hertz (Hz) untuk menentukan data atau informasi yang dapat dikirimkan dalam satu waktu.

Bandwidth sering dianalogikan dengan lebar jalan raya. Sedangkan data yang masuk dibandingkan lintas bandwidth dengan kendaraan yang melintasi jalan tersebut. Semakin sedikit kendaraan yang lewat, semakin lancar lalu lintasnya. Di sisi lain, ketika banyak kendaraan yang lewat, lalu lintas di jalan tersebut terhambat sehingga mempengaruhi aktivitas kendaraan lain.

Semakin besar jalan (bandwidth), semakin banyak kendaraan yang bisa lewat. Jadi tak ada salahnya bandwidth menjadi perhatian pengguna jaringan internet. Semakin besar bandwidth, semakin cepat pertukaran data berlangsung dan semakin banyak data yang dapat melewatinya secara bersamaan.
fungsi bandwidth

Menguraikannya lagi, ada beberapa fitur terkait bandwidth berdasarkan perannya dalam jaringan internet. Apa itu fungsi bandwidth? Di bawah ini adalah beberapa fitur bandwidth, dipecah berdasarkan penggunaannya.
1. Ukuran media transfer data

Fungsi pertama dari bandwidth adalah ukuran media atau jalur transmisi data yang dimiliki oleh komputer atau jaringan tertentu. Fungsi ini dapat digunakan hampir di mana saja di mana ada jaringan komputer.

Bandwidth sangat berguna, terutama dalam hal distribusi jaringan. Besaran bandwidth umumnya dijadikan sebagai tolak ukur bagi pengguna untuk memilih provider atau penyedia layanan dalam kaitannya dengan koneksi internet. Semakin besar bandwidth yang ditawarkan, semakin baik layanan yang diberikan.
2. Kecepatan transmisi data bersama

Fungsi lain dari bandwidth adalah sebagai pembagi kecepatan transfer data. Sehingga kecepatan yang Anda miliki dapat didistribusikan secara adil ke semua pengguna. Pembagian ini juga harus dibatasi agar pengguna tidak berebut bandwidth.

Jika tidak dibagikan, bisa berarti semua bandwidth yang dialokasikan ke jaringan hanya digunakan oleh satu pengguna dan pengguna lain tidak mendapatkannya. Misalnya, saat mengunduh file yang sangat besar dari Internet.

Permintaan data yang besar terjadi selama proses pengunduhan, yang tentu saja membebani bandwidth pada jaringan. Jika tidak dibatasi, koneksi pengguna lain akan lambat atau tidak dapat terhubung sama sekali. Terutama mereka yang mengunduh menggunakan “pengelola unduhan” tertentu.
3. Atur jumlah data yang ditransfer

Administrator jaringan terkadang menempatkan batasan besar pada data yang dapat diakses atau diunduh dari Internet. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi volume lalu lintas yang tinggi dalam jangka panjang. Lalu lintas yang tinggi dalam jangka waktu yang lama juga dapat mengganggu stabilitas jaringan karena mempengaruhi kapasitas bandwidth yang tersedia.

Ini adalah fungsi bandwidth yang dapat memberikan gambaran umum tentang bagaimana bandwidth dipahami. Meskipun bandwidth sebenarnya adalah istilah yang digunakan untuk mendefinisikan kapasitas ukuran kabel Ethernet atau ukuran jaringan.
Contoh bandwidth pada komputer

Bandwidth dalam jaringan komputer berarti kecepatan di mana jaringan mentransmisikan data, dihitung per detik. Pengukuran kecepatan dalam bit per detik. Sebagai contoh, jika kita menggunakan koneksi LAN (Local Area Network), kecepatan transfer data akan mencapai 100 Mbit/s. Semakin besar bandwidth suatu jaringan, semakin cepat datanya

LIHAT JUGA :

jasa penulis artikel