Pengertian Agama Islam Menurut Ahli, Ruang Lingkup, Tujuan dan Inti Ajaran

Definisi Islam

Islam adalah agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad ‘alaihi wa sallam. Dengan agama ini, Allah menutup agama sebelumnya. Allah telah menyempurnakan agama ini untuk hamba-hamba-Nya. Dengan agama Islam ini, Allah juga menyempurnakan kebaikan mereka. Allah hanya mengadopsi Islam sebagai agama. Oleh karena itu tidak ada agama selain Islam yang diterima.

 

Pengertian-Agama-Islam-Menurut-Ahli,-Ruang-Lingkup,-Tujuan-dan-Inti-Ajaran

Allah Ta’ala berkata:

مَا كانَ مُحُمَّدٌ َبَا َحَدٍ مِّن رِّجِالِكُمْ وَلَكِن رُسُولَ اللَّهِ وَخَاتامَ النَّبِيِّينَ وَكَانَ و

“Muhammad bukanlah ayah dari semua orang di antara kamu, tapi dia adalah Utusan Allah dan segel para nabi.” (Surat Al Ahzab: 40)

Allah Ta’ala juga berfirman:

الْيَوْمَ كْمَلْتُ لَكُمْ دِنَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي َكُم لَكُمُ الإِسْلاَمَ

“Pada hari itu saya menyelesaikan agama Anda untuk Anda, dan saya memenuhi keinginan saya untuk Anda, dan saya sangat senang menjadi agama untuk Islam.” (QS. Al Maa’idah: 3)

Allah Ta’ala juga berfirman:

ُنَّ الدِّينَ عِندَ اللّهِ الإِسْلاَمُ

“Sungguh, satu-satunya agama yang benar di sisi Allah adalah Islam.” (Surat Ali Imran: 19)

Allah Ta’ala berkata:

وَمَن يَبْتَغِ غَيْرَ الإِسْلاَمِ دِ ina ً فَلَن يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ ا الآخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِينَ

“Dan siapapun yang melihat agama selain Islam tidak akan pernah diterima olehnya dan di akhirat dia akan termasuk yang merugi.” (Surat Ali ‘Imran: 85)

Allah Ta’ala mewajibkan semua umat manusia menjadi religius karena Allah menganut agama ini. Allah berfirman kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

Nabi (damai dan berkah dari Allaah besertanya) berkata,

“Katakanlah: Wahai manusia, sungguh, Akulah Rasulullah untuk kalian semua. Dialah esensi yang memiliki kekuatan langit dan bumi. Tidak ada Tuhan selain Dia. Dialah yang menciptakan hidup dan mati.” Jadi percayalah pada Allah dan Rasul-Nya, seorang ummi (buta huruf) nabi yang percaya pada Allah dan firman-Nya, dan ikuti dia untuk mendapatkan petunjuk. “(Surat Al A’raaf: 158)

Memahami Islam secara umum dan menurut para ahli

Menurut Massignon

Jelaskan pendapatnya bahwa Islam adalah agama yang memiliki hak istimewa untuk membandingkan dengan tepat gagasan semua anggota masyarakat.

Menurut Leodourch

Islam sebagai agama kemanusiaan yang natural, ekonomis dan moralistik.

Menurut Tostoi

Dia menyatakan pendapatnya bahwa Islam adalah ringkasan religius yang diterbitkan oleh Muhammad dan mengatakan bahwa Allah itu esa. Tidak ada tuhan, tapi dia tidak suka menyembah banyak tuhan.

Menurut George Sarton

Setelah George, Islam adalah komunitas agama yang paling cocok dan paling indah.

Menurut Orientalis H.I.

Menurutnya, Islam adalah agama yang sejauh ini terbukti memiliki keyakinan agama yang kuat. Selain itu, ia memiliki aturan yang terbagi rata dan tatanan bangsawan yang kuat.

Menurut Abu Said al-Hasan al-Nasri

Dan setelah dia. Islam adalah penyerahan hati nurani kepada Allah SWT, sehingga setiap muslim merasa aman dari gangguan.

Menurut Syekh Muhammad bin Abdul Wahab

Menurutnya, Islam pasrah kepada Allah. Juga, tunduk dan taat kepadanya dengan taat dan abstain dari komisi dan pelakunya.

Menurut Muhammad bin Ibrahim bin Abdullah di Tawajiri

Menurutnya, ia menyatakan bahwa Islam adalah ketundukan total kepada Allah SWT dengan menggunakannya dan melaksanakan Syariah Syari’at dengan ketaatan penuh dan keikhlasan.

Menurut Umar bin Khattab

Menurutnya, Islam adalah agama yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad SAW. Dimana agama Islam itu meliputi iman, hukum dan akhlak.

Nabi Muhammad S.A.W.

Menurutnya, Islam adalah Anda mengakui bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan Muhammad adalah Utusan Allah. Anda juga berdoa dan menghabiskan zakat, puasa di bulan Ramadhan. Dan Anda melakukan haji di Baitullah jika Anda mampu.

Ruang Lingkup Islam

Berikut ruang lingkup Islam:

Aqidah

Aqidah berarti bahasa perbudakan atau angkutan. Bentuk jamaknya adalah aqa’id. Arti aqidah menurut istilah ini adalah keyakinan yang hidup atau keyakinan yang lebih khusus. Sejalan dengan pengertian tersebut, Aqidah disebut sebagai wilayah keimanan dalam Islam yang berkaitan dengan segala hal yang harus di percayai oleh seorang Muslim / mukmin. Khususnya wilayah Aqidah merupakan rukun keenam keimanan, yaitu keimanan kepada Allah. , para malaikatnya, kitab-kitabnya, para rasul sampai akhir zaman dan di Qada’dan Qadar.

Syariah

Syariah artinya bahasa jalanan, arti istilah ini adalah aturan Tuhan yang mengatur hubungan manusia dengan tiga sisi Tuhan, sesama manusia dan alam, pemerintahan Tuhan yang mengatur hubungan manusia dengan Tuhan, yang disebut ibadah, dan yang mengatur hubungan manusia dengan sesama manusia dan alam adalah semua yang disebut lima rukun Islam yaitu: shahadat, sholat, zakat, puasa dan haji, termasuk ibadah, yaitu ibadah dalam arti tertentu yang material dan Peraturannya parmanik dan terperinci. Alquran dan Sunnah Nabi ditentukan.

Selain itu dapat diuraikan lebih lanjut menjadi terdiri dari

  • Munakahat (pernikahan), termasuk ahli waris (Faraidh) dan surat wasiat
  • Tijarah (hukum dagang) adalah masalah sewa, h, gadai wakaf.
  • Hudud dan Jinayat adalah hukum pidana Islam

Hudud adalah hukum perzinahan, perzinahan, perampokan, pencurian, dan minum. Sementara Jinayat adalah hukum untuk membunuh kejahatan, melukai orang, mengamputasi anggota badan, dan menghilangkan manfaat dari tubuh, Qishas di Tinayat menerapkan “hukum retribusi”.

Khilafat (Pemerintahan / Politik Islam)

Jihad (perang), termasuk Ghanimah (perampasan harta benda) dan masalah tawanan.

Moral / etika

Moralitas berasal dari bahasa arab jamat dari “khuluq” yang artinya pertarakan atau kebiasaan. Menurut pengertiannya bahasa ini merupakan bagian dari ajaran Islam yang menentukan perilaku masyarakat. Ibn Maskawaih memiliki “pikiran orang yang mendorongnya untuk melakukan sesuatu tanpa penilaian”.

Akhlak ini meliputi akhlak manusia bagi Allah, Nabi / Rasul, diri sendiri, keluarga, tetangga, sesama muslim dan non muslim.

Dalam Islam ada istilah etika selain akhlak. Etika adalah ilmu yang menjelaskan arti baik dan buruk, mendeskripsikan apa yang seharusnya dilakukan orang kepada orang lain, menjelaskan tujuan diskusi dalam tindakannya, dan menunjukkan bagaimana melakukan apa yang perlu dilakukan (Amin, 1975: 3 )

Jadi etika adalah perbuatan baik yang muncul dari orang yang melakukannya dengan sengaja dan berdasarkan kesadarannya sendiri. Ketika dia melakukan perbuatan itu, dia tahu bahwa itu melibatkan perbuatan baik atau buruk.

Etika harus diterapkan terlebih dahulu, karena sebagai seorang anak makan dan minum menjelaskan bagaimana etika makan atau minum, maka etika makan dan minum sejak kecil sampai dewasa akan berpengaruh. Adapun tentang dress code, anak perempuan terbiasa menggunakan wanita dengan pakaian seperti hijab sedangkan pria memakai kopi dan sebagainya. Islam sangat banyak terlibat dalam penerapan etika seperti yang disebutkan dalam Surat Al-Ahsab di atas.

Singkatnya, ruang lingkup Islam adalah:

  • Aqidah
  • Syariah
  • Moral / etika

Tujuan Islam

Berikut beberapa tujuan Islam, yaitu:

Islam didirikan pada 10 M oleh Nabi Muhammad SAW, seseorang yang menganut Islam yang dikenal sebagai Muslim. Islam bukannya tanpa tujuan seperti nama Islam, yang juga berasal dari kata salam yang artinya setara kemakmuran atau keamanan bagi Islam. Tujuannya untuk memberikan keamanan atau kemakmuran di dunia ini kepada orang-orang di akhirat. Islam juga berusaha untuk memimpin umatnya di akhirat.

Inti dari ajaran Islam

Berikut inti ajaran Islam yang harus Anda ketahui:

  1. PILAR ISLAM
  2. Pilar iman
  3. DEPARTEMEN TAUHID & SHIRIK
  4. RUKUN IHSAN
  5. SURAT AL-FATIHAH DAN SURAT PENDEK
  6. KONDISI DOA
  7. Pilar doa
  8. HARUS BERDOA
  9. INFORMASI TENTANG TASYAHHUD
  10. SUNNAH-SUNNAH SHALAT
  11. DOA INI DIBATALKAN
  12. KONDISI WUDHU
  13. FARDHU-FARDHU WUDHU
  14. WUDHU DIBATALKAN
  15. Akhlak yang harus dimiliki setiap muslim
  16. ADAB (SOPAN SANTUN) ISLAMI
  17. Waspadalah terhadap kemeja dan kekerasan
  18. Kelola, bersihkan, dan kubur kuburan

Baca Juga: