Panduan Konsultasi: Definisi, Fungsi, Layanan & ,prinsip

Definisi nasihat konseling
Buka baca cepat

Konseling konseling adalah pemberian dukungan kepada konselor yang menerima konselor untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya dan interaksi antara konselor dengan konselor, baik secara langsung maupun tidak langsung, untuk membantu konselor mengembangkan potensinya atau untuk memecahkan masalah, permasalahan tersebut. yang dia miliki, mandiri dari pelanggannya dan untuk mengembangkan potensi yang ada di dalam diri pelanggan.

Panduan-Konsultasi-Definisi-Fungsi-Layanan-&-prinsip
Latar belakang panduan nasihat

Berbagai latar belakang konseling tertera di bawah ini, antara lain:

1. Latar belakang psikologis

Latar belakang psikologis dalam pelayanan BK diperlukan untuk memberikan pemahaman tentang perilaku target person (klien). Hal ini sangat penting karena materi bimbingan dan konseling berkaitan dengan perilaku klien, yaitu perilaku yang perlu diubah atau dikembangkan untuk mengatasi masalah yang dihadapi. Latar belakang psikologis berkaitan dengan masalah perkembangan individu, perbedaan perilaku individu dan kebutuhan individu, adaptasi / interaksi dengan lingkungan dan masalah belajar.
2. Latar belakang sosial budaya

Latar belakang sosial budaya dalam pelayanan bk sangat kompleks berkaitan dengan perilaku yang ditiru atau digunakan sebagai modernisasi kebutuhan budaya sehingga semua efek modernisasi dapat secara otomatis tersaring oleh individu tersebut, dan diharapkan individu tersebut terhadapnya. dapat menyesuaikan perilakunya dengan budaya yang ada agar dapat diterima dengan baik oleh lingkungan.

Untuk mengembangkan semua keterampilan adaptif ini, diperlukan bimbingan. Berlandaskan nilai-nilai budaya bangsa yang nyata, mewujudkan kehidupan yang bermartabat dan berkarakter serta berperilaku sesuai dengan kaidah dan norma negara kita.

3. Latar belakang agama

Latar Belakang Keagamaan Landasan bimbingan dan konseling religius bertujuan untuk menjadikan klien sebagai makhluk Tuhan dengan segenap kemuliaan agar dapat menjadi fokus upaya konseling dan konseling. Pembahasan tentang landasan agama ini terkait dengan upaya memasukkan nilai-nilai agama ke dalam proses konseling dan konseling agar individu tidak ke arah yang negatif.
4. Latar belakang pendidikan

Diperlukan latar belakang pendidikan, mis. B .: Bimbingan pribadi, sosial, pembelajaran dan karir melalui berbagai jenis kegiatan bimbingan, sehingga pendidikan dengan bimbingan dan konseling dapat berjalan dengan lancar, agar individu lebih mandiri dan berkembang secara optimal dalam berbagai pedoman untuk pengembangan kinerja pribadi,

Kemudian kegiatan pendidikan harus komprehensif dan tidak hanya berupa kegiatan kelas (pelajaran), tetapi juga mencakup kegiatan yang memastikan bahwa setiap siswa mendapat layanan pribadi sehingga pada akhirnya dapat berkembang secara optimal.

5. Latar belakang ilmu pengetahuan dan teknologi

Latar belakang ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan ilmu yang perlu dikaji agar tidak menjadi ketinggalan zaman (GAPTEK). Informasi dan teknologi berkembang sangat cepat. Oleh karena itu, diperlukan nasehat dan bimbingan agar individu dapat melihat dampak positif dan negatif dari perkembangan tersebut.

BACA JUGA :