Pancasila sebagai sumber nilai: definisi, ciri dan jenis

Pancasila sebagai sumber nilai: definisi, ciri dan jenis

Definisi nilai

Worth atau dalam bahasa Inggris kata value sering dikaitkan dengan keramahan. Sesuatu dikatakan bernilai ketika sesuatu itu berguna, benar, indah, baik, religius dan sebagainya. Nilai secara inheren ideal, jadi nilai adalah sesuatu yang abstrak dan tidak dapat disentuh oleh panca indera. Yang bisa ditangkap adalah komoditas atau perilaku tindakan yang mengandung nilai-nilai tersebut.

Pancasila-sebagai-sumber-nilai-definisi-ciri-dan-jenis

Fitur nilai

Ikan nila terbagi menjadi dua bagian yaitu as
1). Nilai yang diinternalisasi

Apakah nilai-nilai yang telah menjadi kepribadian yang tidak disadari atau yang menginspirasi tindakan tanpa berpikir lagi. Jika disakiti maka akan menanamkan rasa malu atau bersalah yang dalam dan sulit untuk dilupakan.

2). Nilai dominan

Nilai-nilai yang dominan sering kali dianggap lebih penting daripada nilai-nilai lainnya. Ini terlihat dalam keputusan yang diambil seseorang ketika mempertimbangkan beberapa tindakan yang perlu mereka ambil.
Jenis Nilai Pancasila

Darmodihardjo dkk. Klasifikasikan nilai secara berpasangan, yaitu sebagai berikut.
1). Nilai obyektif dan nilai subjektif

Nilai target adalah nilai yang ditampilkan berdasarkan kondisi suatu objek. Subyektif adalah nilai yang ditunjukkan oleh seseorang (subjek).
2). Nilai positif dan negatif

Nilai positif adalah nilai-nilai yang bermanfaat bagi kepentingan manusia, baik dari sudut pandang kepentingan eksternal maupun internal, seperti B. Nilai-nilai kebaikan dan moralitas. Nilai negatif adalah salah satu nilai kebalikan dari nilai positif, seperti nilai kejahatan, keburukan, dan kemaksiatan.
3). Nilai intrinsik dan nilai eksternal

Nilai intrinsik adalah nilai dari sesuatu yang sudah ada. Contoh nilai intrinsik dari pisau semacam itu adalah jika pisau memiliki sifat pemotongan. Sedangkan nilai ekstrinsik adalah nilai yang bergantung pada nilai intrinsik pengaruhnya.
4). Nilai transenden dan nilai imanen

Nilai transenden adalah nilai yang melampaui batas pengalaman dan pengetahuan manusia. Contohnya adalah nilai-nilai ketuhanan sebagai nilai yang melampaui pengalaman dan akal manusia. Nilai-nilai imanen adalah nilai-nilai yang terkait dengan pengalaman dan pengetahuan manusia. Misalnya, melalui pengetahuan sensorik dan hubungan manusia, diperoleh rasa asin, manis, luas, sempit.
5). Nilai inti dan nilai instrumen

Nilai inti adalah nilai yang tetap dan tidak berubah. Mereka dipilih sebagai dasar nilai-nilai instrumental yang terwujud dalam kehidupan. Nilai tersebut meliputi nilai obyektif, positif, intrinsik dan transenden. Nilai instrumental adalah nilai usaha konkrit yang bersumber dari nilai-nilai dasar, umumnya dinyatakan dalam bentuk norma dan dijadikan acuan sikap, misalnya pancasila.
Pancasila adalah sumber nilai

Seluruh tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara menggunakan pancasila sebagai landasan moral atau norma dan sebagai tolak ukur baik buruknya sikap, perbuatan atau perilaku bangsa Indonesia yang benar dan salah. Karenanya pancasila digunakan sebagai sumber nilai dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

 

LIHAT JUGA:

 

https://imii.co.id/
https://apartemenjogja.id/
https://bingo.co.id/
https://youtubers.id/
https://lakonlokal.id/
https://pesantrenkilat.id/
https://sorastudio.id/
https://balikpapanstore.id/
https://excite.co.id/
https://technicracy.com/