10 Nama Idiom Tentang Olahraga (Sport Idiom) Beserta Arti

10 nama idiom tentang olahraga (sport idioms) beserta artinya dan contoh kalimat lengkapnya

idiom-tentang-olahraga

  1. Hat Trick – Tiga kemenangan berturut-turut: Istilah ini digunakan dalam permainan seperti sepak bola, kriket, hoki, dan rugby. Ini digunakan ketika seseorang mencetak tiga keberhasilan, satu untuk setiap tiga gol dalam sepak bola, misalnya.
    Contoh kalimat: Jika dia memenangkan pemilihan ini, itu akan menjadi hattrick baginya! Tiga istilah berturut-turut! – Jika dia memenangkan pemilihan ini, akan ada tiga kesuksesan dalam hidupnya! Sukses di kantor tiga kali berturut-turut!.
  2. Bola di Pengadilan Anda – Keputusan ada di tangan Anda: Ungkapan yang menunjukkan bahwa keputusan ada di tangan Anda. Kata-katamu bisa diganti dengan dia, aku dan sebagainya.
    Contoh kalimat: Manajer lini berkata singkat kepada karyawannya: “Terima syarat dan ketentuan atau pergi, bola ada di tangan Anda – Manajer lini berkata singkat kepada karyawannya:” Terima syarat dan ketentuan atau tinggalkan, keputusan ada di tangan Anda. milikmu “.
  3. Still in the game – Masih dalam situasi atau kondisi ini: Frasa ini digunakan ketika seseorang berada dalam situasi yang sulit tetapi dapat membuat mereka merasa baik kembali.
    Contoh kalimat: Kita belum keluar dari krisis, tapi itu hanya berarti kita harus bekerja lebih keras. Jangan kehilangan harapan, kita masih dalam permainan! – Kita mungkin tidak keluar dari krisis, tapi itu berarti kita harus bekerja lebih keras lagi. Jangan putus asa, kita masih dalam situasi ini!
  4. Pack a Punch – Hit: Istilah ini berasal dari tinju dan digunakan untuk menggambarkan pengaruh yang kuat.
    Contoh kalimat: Ceramahnya memiliki segalanya dan menginspirasi hadirin – pidatonya sangat menyentuh dan membuat takjub hadirin.
  5. Brand New Ball Game – Sesuatu yang Berbeda atau Baru: Istilah ini digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang berbeda atau benar-benar keterlaluan.
    Contoh kalimat: Saya berasal dari penjualan, jadi manajemen adalah permainan bola yang benar-benar baru bagi saya! – Latar belakang saya adalah penjualan, jadi manajemen adalah masalah yang berbeda bagi saya!.
  6. Langsung pistol – mulai sesuatu lebih awal: Frasa ini digunakan ketika seseorang memulai sesuatu sebelum waktu yang tepat (atau sebelum sinyal atau perintah).
    Contoh kalimat: Saya memintanya untuk menikah dengan saya setelah dua kencan. Saya kira saya melewatkan pistol – saya memintanya untuk menikah setelah dua kencan itu. Saya pikir saya memulai hal ini terlalu dini.
  7. Awasi Bola – Perhatian / Fokus: Istilah yang digunakan dalam permainan seperti kriket, sepak bola, dll. di mana fokus permainan adalah pada bola. Mengawasi bola berarti tetap waspada dan siap beraksi.
    Contoh kalimat: Guru melihat siswa terlihat terganggu dan berteriak, “Jika kamu ingin berhasil di kelas saya, sebaiknya kamu mengawasi bola. Kelas saya, Anda lebih baik tetap fokus.
  8. Photo Finish – Equal: Istilah ini sering digunakan dalam olahraga seperti balap dan juga digunakan untuk menggambarkan situasi di mana dua peserta menyelesaikan lomba pada waktu yang hampir bersamaan atau sulit untuk mengukur peserta mana yang melewati garis finish terlebih dahulu. Istilah tersebut berasal dari praktik pengambilan foto di garis finis.
    Contoh kalimat: Perlombaan antara Amir dan Anil sangat dekat sehingga dihitung sebagai foto finish, di mana gambar kedua pelari harus diperiksa saat melintasi garis finish. Perlu menyertakan gambar atau foto antara dua pelari melintasi garis pemeriksaan garis finis.
  9. Quick to the Point – Quick to React: Ungkapan ini digunakan untuk seseorang yang waspada dan karena itu memulai atau melakukan sesuatu dengan cepat.
    Contoh kalimat: Petugas polisi dengan cepat ketinggalan dan tiba di tempat kejadian kurang dari lima menit setelah panggilan telepon.
  10. Gawang lengket – Situasi Rumit: Idiom ini berasal dari permainan kriket dan digunakan untuk menggambarkan situasi yang sedang rumit.
    Contoh kalimat: Menteri berada di gawang yang lengket ketika ditanya tentang korupsi yang merajalela – Pejabat menteri menemukan dirinya dalam situasi yang rumit ketika ditanya tentang korupsi yang merajalela.

Sumber :