Hujan asam adalah: proses, penyebab, sifat dan sifat

Hujan asam adalah: proses, penyebab, sifat dan sifat

Pahami hujan asam

Hujan asam adalah hujan yang memiliki tingkat keasaman rendah di setiap tetes airnya. Keasaman hujan normal dan umumnya memiliki pH 5,7. Oleh karena itu dapat pula diartikan bahwa hujan dengan nilai pH kurang dari 5,6 berarti hujan asam. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa pH hujan dapat berubah dari 6 menjadi 4 karena banyaknya asap yang menyebabkan hujan asam. Gas penyebab hujan asam biasanya juga dihasilkan oleh bencana alam seperti letusan gunung berapi. Jika letusan gunung juga menjadi penyebabnya, tentunya bisa karena reaksi alam, namun penyebab yang paling serius adalah aktivitas manusia seperti asap mobil, pabrik atau industri asap dan lain-lain.

Hujan-asam-adalah-proses-penyebab-sifat-dan-sifat

Terjadinya hujan asam tentunya akan mempunyai penyebab, seperti penjelasan sebelumnya bahwa penyebab hujan asam meliputi bencana alam, salah satunya adalah letusan gunung berapi dan aktivitas manusia terbesar seperti asap industri dan asap kendaraan bermotor.

Proses terjadinya hujan asam

Setidaknya ada enam tahapan dalam proses yang terjadi saat hujan asam ini terjadi. Fase-fase ini dijelaskan secara berurutan dan disebut kronologi.
Berikut beberapa tahapan yang akan terjadi secara berurutan, yaitu:
Berbagai aktivitas di bumi, baik alam maupun manusia, dapat menimbulkan berbagai jenis gas penyebab hujan asam, seperti karbondioksida, karbondioksida, sulfur dioksida, dan hidrogen sulfida.
Kemudian juga akan terjadi penguapan di bumi dari berbagai jenis sumber air yang diakibatkan oleh panasnya matahari atau menghasilkan banyak uap air.
Kemudian uap air hasil pengembunan bertemu dengan gas-gas penyebab hujan asam. Yaitu karbondioksida atau karbon monoksida dengan uap air dan hidrogen sulfida serta sulfur oksida dengan uap air.
Adanya pertemuan uap air dengan karbondioksida atau karbondioksida menciptakan asam lemah. Hidrogen oksida atau sulfur dioksida, jika ditemui dengan uap air, juga menghasilkan asam yang sangat kuat.
Kemudian isi yang bertemu terbawa angin ke tempat yang jauh dari sumbernya atau berdiri.

Lihat juga: puisi adalah

Penyebab munculnya hujan asam

Karbon dioksida atau CO2 dan karbon monoksida atau CO. Karbon dioksida dan karbon monoksida adalah gas yang dihasilkan dari proses pembakaran yang bertemu dengan uap air atau H2O. Jika kedua gas ini bertemu, maka akan terbentuk asam karbonat atau H2CO3 yang termasuk dalam kategori asam lemah.
Hidrogen sulfida atau H2S, sucfur oxide atau SO2 yang bertemu dengan uap air atau H2O membentuk asam sulfat atau H2SO4 yang merupakan kategori asam kuat.

Selain fenomena alam, serta berbagai aktivitas manusia yang dapat menyebabkan terjadinya hujan asam, kita juga perlu mengetahui gas-gas apa saja yang terlibat dalam proses terjadinya hujan asam.

Beberapa gas yang akan muncul pada proses hujan asam adalah:
1. Karbon dioksida atau CO2.

Karbondioksida ini merupakan gas yang berasal dari proses pembakaran. Beberapa hal yang juga dapat menyebabkan karbondioksida ini antara lain respirasi makhluk hidup, efek pembakaran, dan pencemaran kendaraan bermotor.
2. Karbon monoksida atau CO.

Karbon monoksida juga merupakan gas yang juga didapat dari berbagai proses pembakaran. Seperti karbon dioksida, karbon monoksida ini juga dapat dihasilkan oleh aktivitas berikut: menghirup makhluk hidup, hasil pembakaran, polusi kendaraan bermotor, dll.
3. Uap air atau H2O.

Uap air juga merupakan elemen yang berperan dalam hujan asam. Uap air ini bisa disebabkan oleh penguapan dari sumber air di bumi saat dipanaskan oleh sinar matahari.
4. Hidrogen sulfida atau H2S.

Yakni gas yang dihasilkan dari pembakaran dan pemanasan belerang.

 

 

LIHAT JUGA

https://www.wboc.com/story/43455665/12-best-bokeh-video-editing-applications-for-android-phones
https://www.wboc.com/story/43455663/10-bokeh-video-applications-and-download-links-free
https://www.wboc.com/story/43455642/12-free-bokeh-video-applications-with-interesting-features
https://www.wboc.com/story/43455664/6-of-the-best-and-free-iphone-bokeh-video-applications
https://canvas.emerson.edu/eportfolios/38988/Home/Easy_Ways_to_Make_Bokeh_Videos_and_Recommended_Editing_Applications
https://canvas.mooc.upc.edu/eportfolios/1977/Home/10_Android_and_iPhone_Bokeh_Video_Applications_with_Natural_Effects
https://exedprograms.kellogg.northwestern.edu/eportfolios/348/Home/10_Fullfeatured_Bokeh_Video_Applications_for_Android
https://canvas.uccs.edu/eportfolios/9755/Home/The_Most_Recommended_Bokeh_Video_Editing_Application_for_Android
https://canvas.spu.edu/eportfolios/20923/Home/A_MustHave_Bokeh_Video_Application_for_YouTubers
https://canvas.oli.cmu.edu/eportfolios/437/Home/Most_Popular_Bokeh_Video_Application
https://exposicionesmapfrearte.com/
https://merekbagus.co.id/
https://excite.co.id/