Fasilitas yang Tersedia dari Plugin Ongkir Gratis

Apabila seseorang menjalankan sebuah toko online ataupun marketplace, maka salah satu plugin penting yang harus ada di dalamnya yakni plugin ongkir gratis. Plugin ini memungkinkan calon pembeli untuk mengetahui informasi ongkos pengiriman yang dibutuhkan dari sebuah toko online ke alamat yang dituju.

Selain menguntungkan bagi calon pembeli yang ingin bertransaksi di toko online, plugin ini sebenarnya juga sangat menguntungkan bagi penjual. Penjual kini sudah tidak perlu lagi menjawab pertanyaan terkait biaya ongkos kirim yang harus dikeluarkan ke alamat tertentu. Ini tentu sangat menghemat waktu bukan?

 

Fasilitas-yang-Tersedia-dari-Plugin-Ongkir-Gratis

4 Fasilitas Penting yang Didapat dari Plugin Ongkir Gratis

  1. Gratis API Cek Ongkos Kirim

Plugin cek ongkos kirim gratis sudah termasuk fitur API (Application Programming Interface) atau database ongkos kirim hingga ke tingkat kecamatan. Karena plugin ongkos kirim ini sudah termasuk API, sehingga Anda tidak perlu berlangganan API dari penyedia lainnya.

Database ongkos kirim hingga ke tingkat kecamatan memungkinkan Anda untuk mengecek biaya ongkos kirim barang secara akurat sampai di kecamatan. Anda dapat mengecek ongkos kirim barang sesuai dengan bobot barang tersebut hingga volumenya.

  1. Pengecekan dari Berbagai Jasa Ekspedisi

Anda harus memastikan jasa ekspedisi apa sajakah yang disediakan oleh plugin ongkos kirim gratis tersebut. Hal ini menjadi sangat krusial mengingat jumlah jasa ekspedisi di Indonesia sangatlah banyak dan tidak semua jasa ekspedisi dapat menjangkau tempat-tempat tertentu di luar Pulau Jawa.

Jasa ekspedisi utama yang biasanya ada di plugin gratis ongkos kirim adalah Tiki, Wahana, JNE, JNT, Lion Parcel, Sicepat, dan Pos. Selain itu, akan lebih baik lagi apabila di dalam plugin ongkos kirim gratis juga termasuk jasa ekspedisi internasional seperti ESL dan RPX.

  1. Hanya Tersedia untuk Satu Website Saja

Jangan berharap untuk dapat menggunakan plugin ongkos kirim gratis pada beberapa website secara bersamaan. Plugin ini umumnya hanya dapat digunakan pada satu website saja. Namun, mengingat plugin ongkos kirim gratis umumnya hanya digunakan oleh bisnis kecil, maka support 1 website saja sudah cukup.

  1. Mendukung Multi Vendor

Jika Anda merupakan pengelola website dalam bentuk marketplace, maka di dalamnya biasanya terdiri dari beberapa vendor atau penjual. Oleh karena itu, saat pengecekan ongkos kirim, biaya ongkir harus dipisah berdasarkan asal pengirim atau tokonya.

Hal tersebut dimungkinkan apabila plugin ongkos kirim gratis sudah support multi vendor. Dengan fitur ini, maka ongkos kirim akan dihitung dari setiap asal tokonya. Fitur ini juga harus mendukung plugin multi vendor popular seperti Dokan, WooCommerce Product Vendors, WC Vendors dan lainnya.

Sebenarnya ada banyak developer yang menyediakan plugin ongkir gratis, salah satunya yaitu https://pluginongkoskirim.com/. Anda bisa memilih opsi paket Trial gratis yang berlaku 14 hari. Meski Trial, namun Anda bisa mendapatkan puluhan jasa ekspedisi dengan API ongkir hingga ke tingkat kecamatan.

 

Lihat Juga:  cek resi shopee express