√ Cara Mengatasi Error Insufficient Storage Available Ponsel

Rate this post

Cara Mengatasi Error Insufficient Storage Available di HP Android

√ Cara Mengatasi Error Insufficient Storage Available Ponsel

Perangkat Android telah dianggap sebagai kehidupan kedua bagi manusia karena perangkat tersebut dapat secara cerdas merespon segala bentuk perintah yang dikirimkan oleh pemiliknya.

[tok]

Titik balik akan mengubah segalanya ketika gejala kerusakan mulai muncul sebagai indikasi adanya masalah besar yang menyebabkan pemilik mulai panik.

Salah satu kesalahan umum yang terjadi pada ponsel Android telah kami rangkum di bawah ini dengan tema cara mengatasi kesalahan Penyimpanan yang Tersedia Tidak Cukup / “tidak cukup ruang pada perangkat” / “penyimpanan yang tersedia tidak mencukupi”.

Poin masalah berikut masih terkait erat dengan penyimpanan yang tersedia tidak mencukupi atau tidak cukup ruang pada perangkat.

Sangat berbahaya jika ada kemungkinan buruk dengan file basis data di ponsel kita, seperti memori yang terformat, file yang rusak bahkan terinfeksi virus… merupakan kondisi yang sangat menakutkan bagi banyak pengguna.
Penyebab Kesalahan Penyimpanan yang Tersedia Tidak Memadai

Sebelum kita masuk ke pembahasan utama cara mengatasi error Insufficient Storage Available di Android.

Anda sebagai pengguna, harus mengetahui terlebih dahulu tentang penyebab problem/masalah tersebut.

Dengan mengetahui apa penyebab kerusakan ini, kita akan lebih berhati-hati agar suatu saat kesalahan ini tidak terjadi lagi pada ponsel kita.

Sesuai dengan pesan notifikasi, ruang pada perangkat tidak mencukupi… hal ini erat kaitannya dengan keterbatasan kapasitas ruang memori.

Pesan error akan terus muncul saat mencoba mendownload aplikasi, mendownload file dari internet hingga install aplikasi tapi tetap tidak bisa karena sistem mendeteksi memori sudah penuh.

Kebiasaan sering mendownload file yang tidak penting bisa memakan waktu lebih lama untuk mengisi ruang penyimpanan. Kemudian lupa untuk menghapus file media lama juga termasuk kegiatan akumulasi penyimpanan ponsel.
Tip Pencerminan Layar Android:

Screen Mirroring di Android bisa dilakukan dengan aplikasi Scrcpy. Mau tahu bagaimana dan langkah-langkahnya? Ikuti lebih banyak dalam tutorial ini.
Cara Mengatasi Kesalahan Penyimpanan Tidak Cukup di Android

Untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan penyimpanan memori, kami tidak dapat melakukannya dengan bantuan aplikasi.

Karena toh, software seperti apa yang tidak bisa memanipulasi ruang di penyimpanan perangkat keras seolah-olah berhasil menambah kapasitas ruang.

Kecuali jika perangkat keras penyimpanan ditingkatkan dengan penyimpanan yang lebih besar. Angka-angka dalam manajemen memori jelas akan bertambah.

Jadi kami mencoba memberikan cara untuk dengan mudah dan tepat mengatasi kesalahan penyimpanan yang tersedia tidak mencukupi di Android. Adapun langkah-langkahnya, silahkan ikuti di bawah ini:

Silahkan backup semua file media di penyimpanan internal ke memori lain, baik itu laptop atau harddisk.
Selain mengosongkan memori, perilaku berikut ini bisa menjadi pilihan alternatif jika suatu saat ponsel direset atau tidak sengaja diformat ulang…maka semua file tersebut akan aman dan tidak hilang.
Bersihkan cache yang menumpuk di ponsel, meskipun termasuk file sampah, tetapi jika dibiarkan, cache ini bisa berkali-kali lipat.
Setiap hp sudah memiliki setting Clear Cache di menu Setting, silahkan buka satu persatu aplikasi di application management, clear cache untuk mengosongkan space. Hapus Cache
Transfer penyimpanan aplikasi dari memori internal ke memori eksternal, silahkan buka Pengaturan Aplikasi di menu Pengaturan, pilih salah satu dan tekan tombol Pindah ke Kartu SD.
Beberapa aplikasi dapat ditransfer dari penyimpanan internal ke memori. Pindahkan semuanya saat opsi tersedia, dan hapus semua data aplikasi yang tertinggal. (Lebih lengkap: cara memindahkan aplikasi ke kartu SD) Transfer Kartu SD
Gunakan kartu SD sebagai penyimpanan utama, Anda juga dapat memperbarui ukuran kartu SD untuk menambah lebih banyak ruang.
Sebagai langkah antisipasi, silahkan ubah mode penyimpanan kamera ponsel Anda dari memori internal ke memori SD. Jadi Anda tidak bosan bergerak satu per satu. Ubah Penyimpanan
Jangan gunakan mode pembaruan aplikasi otomatis, biarkan hanya aplikasi penting yang Anda perbarui, selebihnya jika masih bisa berjalan, biarkan saja macet di versi lama.
Selain hemat tempat, kamu juga bisa memangkas konsumsi kuota dari aktivitas update otomatis. Jangan Perbarui
Uninstall aplikasi yang tidak berguna, beri ruang kosong di memori agar sedikit lebih lega. Ini terkait dengan tipikal pengguna yang suka mengabaikan aplikasi yang diinstal gratis di sistem telepon. Akan lebih bijaksana jika yang sudah tidak digunakan di-uninstall. Hapus Aplikasi
Anda dapat menggunakan opsi terakhir jika semua saran di atas tidak membantu. Yaitu opsi untuk mereset data dari pabrik. Gunakan fitur ini di menu Pengaturan, lalu konfirmasikan saja untuk memulai reset data.

Sumber :