Ditjen Dikti dan Maarif Institute bersinergi meningkatkan kompetensi perguruan tinggi

Rate this post

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), bekerjasama dengan Lembaga Kebudayaan dan Kemanusiaan Maarif, meningkatkan literasi media mahasiswa dan dosen,

Kerja sama ini langsung ditandatangani kedua agensi pada Jumat, 23 Oktober 2020.

Ditjen-Dikti-dan-Maarif-Institute-bersinergi-meningkatkan-kompetensi-perguruan-tinggi

Literasi media adalah kemampuan untuk memahami, menganalisis, dan mendekonstruksi citra media.

Dengan demikian, siswa dan guru dipandang sebagai kelompok yang dapat meningkatkan literasi media.

Baca juga: Kemendikbud Bagikan Kuota Internet Gratis Untuk 35,7 Juta Pengguna

Berdasarkan hal tersebut, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menandatangani nota kesepahaman bersama dengan Maarif Institute, yang memiliki ruang lingkup sebagai berikut: pelatihan literasi media bagi mahasiswa dan dosen, sosialisasi pelatihan literasi media, dan monitoring dan evaluasi pelatihan literasi media.

“Sebelumnya, kegiatan komunikasi dan kerjasama telah dilakukan selama kurang lebih 3 bulan

dan penandatanganan MoU ini telah tiba,” kata Sekjen Dikti Paristiyanti dalam siaran pers, Sabtu (24/10). 2020).

Paristiyanti berharap kerjasama ini benar-benar dapat dilaksanakan dengan perencanaan yang baik, menerapkan win-win solution antara Dikti dengan Maarif Institute, melaksanakan, memantau dan mengevaluasi untuk keberlanjutan dan perbaikan yang terstruktur, sehingga kegiatan kerjasama ke depan jauh. sedang keluar. lebih baik.

“Kami telah mempercayakan hingga 287.000 fakultas dan 8 juta mahasiswa ke Maarif Institute untuk mengajari mereka literasi media dan untuk mempercepat transformasi perguruan tinggi untuk mempercepat transformasi ekonomi, sesuai dengan slogan Ditjen Dikti yaitu Merdeka Indonesia Jaya kampus,” ujarnya.

Staf Khusus Bidang Kompetensi dan Manajemen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Dei Sudarmo menyampaikan apresiasi dan kebanggaan yang sebesar-besarnya atas kerjasama Ditjen Dikti dengan Maarif Institute.

Ini merupakan tonggak kerja sama dan sinergi antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ditjen Dikti, dan Maarif Institute.

“Dengan keberhasilan ini, kami berharap dapat bekerja sama lebih erat lagi,” ujarnya.
Mencegah informasi palsu

Program Director Maarif Institute Khelmy mengatakan, masalah literasi media saat ini disebabkan oleh kurangnya informasi dan solusi yang tersedia, sehingga masalah laporan palsu menjadi lebih kompleks sementara tidak ada panduan kurikulum dan materi yang tidak mencukupi.

Selain itu, kata Khelmy, sebagian besar literasi media diajarkan dalam bentuk kelas, yang berdampak pada keterbatasan masyarakat dalam mengakses materi tersebut. Hal ini juga diperparah dengan meningkatnya konsumsi internet, khususnya di masa pandemi, namun hal ini tidak dibarengi dengan literasi digital atau literasi informasi.

Khelmy mengatakan dengan bekerjasama dengan Contagious Reason Program, Maarif Institute berharap dapat memberikan argumentasi yang baik dan meningkatkan literasi digital di masyarakat. Program ini ditujukan kepada 26.700 guru, dosen dan calon guru secara online dan offline selama 1,5 tahun.

“Di mana peserta program mendapatkan topik berpikir kritis dan literasi media dalam bentuk seminar, pelatihan, talk show radio, video, modul, penilaian, dan platform pembelajaran yang dapat diakses secara gratis,” kata Khelmy.

Program itu, kata Khelmy, nantinya akan dipadukan dengan sistem pembelajaran online milik Maarif Institute (SPADA) yang sudah dimiliki Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan akan berjalan di 23 kota.

Peserta program ini diharapkan memiliki kompetensi pribadi dalam hal literasi digital, mampu bereaksi terhadap situasi dan olok-olok, dan akhirnya memiliki ketahanan yang luar biasa terhadap diri sendiri atau bahkan mempengaruhi orang-orang di sekitarnya.
Dua modal bangsa yang kuat

Bendahara Yayasan Ahmad Syafi’i Maarif Suyoto menambahkan, ada 4 modal yang harus dimiliki bangsa dan negara, yaitu modal fiskal, alam, manusia, dan sosial.

Saat ini dunia digital terhubung langsung dengan 2 modal utama yaitu human capital dan people pada saat yang bersamaan. Ditambah lagi dengan perlunya moralitas ketika berhadapan dengan dunia digital saat ini.

Tanpa dua modal yang kuat yaitu human capital dan people, suatu bangsa tidak akan produktif dalam membangun bangsa dan negara serta dalam melaksanakan pembangunan yang berkelanjutan.

L

LIHAT JUGA :

https://my.swu.edu/ICS/Campus_Life/Campus_Groups/IGNITE/Public_Page.jnz?portlet=What_Do_You_Think&screen=PostView&screenType=change&id=0cf45924-36af-4776-92e0-7155f0925778&p=33
https://redzone.labette.edu/ICS/Academics/EDUC/EDUC_131/2018_20-EDUC_131-00001ON/Discussion_Board.jnz?portlet=Forums&screen=PostView&screenType=change&id=0f7d624a-385d-4dfc-923d-c73cbf98bf7c&p=9
https://portal.flsouthern.edu/ICS/Academics/EDU/EDU__2210/2017_DS-EDU__2210-002/Week_Fifteen.jnz?portlet=Discussion&screen=PostView&screenType=change&id=8fdc49ac-a182-4d1c-a748-e9d8f1e5b376&p=33
https://my.aui.ma/ICS/Academics/HUM/HUM__2302/1718_SP-HUM__2302-02/Collaboration.jnz?portlet=Forums&screen=PostView&screenType=change&id=22d96c93-4583-43f2-b024-192755e4daae&p=7
https://my.talladega.edu/ICS/_portletview_/Academics/BUS/BUS__368/2016_FA-BUS__368-FT/Coursework.jnz?portlet=Coursework&screen=StudentAssignmentFacultyView&screenType=change&id=b6524657-d908-449b-9b03-aa581dc43932&s=07d4d224-4f72-48ac-8192-6999ce6ed38e
https://live.hssu.edu/ICS/Academics/GPHY/GEOG0200__UG15/FA_2015_UNDG-GEOG0200__UG15_-01/Gradebook.jnz?portlet=Gradebook&screen=ViewStudentDetail&screenType=next&StudentID=98c02f6c-23c9-4973-a66d-93f5769f032b
https://myottawa.ottawa.edu/ICS/Faith_and_Church_Vitality/Alumni_News_and_Notes.jnz?portlet=Alumni_News_and_Notes&screen=PostView&screenType=change&id=ec551d0b-bd9f-4150-bdff-7f0b40cec94f&p=9
https://my.bankstreet.edu/ICS/Campus_Life/Campus_Groups/Learning_Through_Collaboration/Group_Collaboration.jnz?portlet=Interactive_Blogs&screen=PostView&screenType=change&id=718254ee-a195-4d5c-a61b-0695ddd9e072&p=9
https://my.ripon.edu/ICS/Campus_Life/Campus_Groups/Student_Senate/Groups_and_Organizations.jnz?portlet=Open_Forums&screen=PostView&screenType=change&id=fbfbbf72-f8b9-47e1-b9a1-828cdd616be0&p=38
https://theq.qcc.edu/ICS/Campus_Life/Campus_Groups/Nursing_112_2006/Group_Collaboration.jnz?portlet=%5bICS%5d_ForumPortlet&screen=PostView&screenType=change&id=53fc66cf-f0e3-4c32-ae89-01e765a5123a&p=20
https://tiger.voorhees.edu/ICS/Campus_Life/Campus_Groups/martial_arts_tricking/Discussion.jnz?portlet=Forums&screen=PostView&screenType=change&id=70c28807-aa14-4341-935e-9974c6964cbc&p=36
https://campusweb.myunion.edu/ICS/Campus_Life/Campus_Groups/VIRTUAL_National_Annual_Faculty_Meeting_PLANNING/Discussion_Proposals_Topics_Submissions.jnz?portlet=Forums&screen=PostView&screenType=change&id=b947e4e6-5fb6-4063-be69-b7fc32fc09c1
https://iway.rosemont.edu/ICS/Campus_Life/Campus_Groups/Online_Instructors/Group_Collaboration.jnz?portlet=%5bICS%5d_ForumPortlet&screen=PostView&screenType=change&id=7a1eb9f7-e88b-49d4-a51c-3687f322c75c&p=28
http://ideate.xsead.cmu.edu/discussion/introduction-to-media-synthesis-and-analysis/topics/topics-recommendation
https://my.mhcc.edu/ICS/Academics/1506/IECC201R__UG18/SP_2019_UNDG-IECC201R__UG18_-02/Discussions__Roster.jnz?portlet=Forums&screen=PostView&screenType=change&id=02b5b33d-297a-4caf-95fb-d546cd36b868
https://donate.dixie.edu/page.aspx?pid=305&dgs980=3&rid980=62&tid980=6
https://my.rsu.edu/ICS/Academics/CS/CS___1133/2016_SP-CS___1133-001/Discussion_Forum.jnz?portlet=Discussion_Forum&screen=PostView&screenType=change&id=b86954f4-33fe-4ec0-98f0-1d824dd154e9&p=12
https://mycc.cambridgecollege.edu/ICS/Academics/MMG/MMG__525/2011_04-MMG__525-BS01/Discussion_Forum.jnz?portlet=Forums&screen=PostView&screenType=change&id=33cc81a3-c7bd-4c80-aaf3-d0e2a1eec6d7&p=27
https://owlnet.williamwoods.edu/ICS/Academics/BMT/BMT__580/1112_2A-BMT__580-01___NCC/Collaboration.jnz?portlet=Forums&screen=PostView&screenType=change&id=425b32db-9219-4f0c-8d48-e561d6f299bc&p=9
https://my.carrollu.edu/ICS/Campus_Life/Campus_Groups/Student_Senate/Comments_for_Senate.jnz?portlet=Forums&screen=PostView&screenType=change&id=02dd6d24-f600-45a0-8471-53aca5ebcce6&p=28