Dampak Interaksi antara Wilayah Desa dan Wilayah Kota

Dampak Interaksi antara Wilayah Desa dan Wilayah Kota

Interaksi antara desa dan kota terjadi karena adanya perbedaan karakteristik antara kedua wilayah tersebut. Adanya perbedaan ini menyebabkan tidak semua kebutuhan hidup masyarakat dapat diperoleh dari desa saja atau dari kota saja. Interaksi desa dan kota menimbulkan dampak tertentu, baik bagi desa maupun bagi kota. Dampak tersebut dapat berupa pengaruh positif maupun pengaruh negatif. Apa saja dampak-dampak tersebut? Mari, kita perhatikan penjelasan berikut ini.

 

  1.    Pengaruh Positif bagi Desa

Pengaruh positif interaksi antara desa dan kota bagi desa antara lain sebagai berikut.

  1.  Perkembangan bidang wiraswasta, seperti bidang kerajinan tangan, industri rumah tangga, peternakan, dan bidang pertukangan. Hal ini dapat terjadi karena berkembangnya sarana transportasi dan telekomunikasi.
  2. Masuknya para ahli dari berbagai bidang disiplin ilmu dapat membantu dalam melestarikan lingkungan perdesaan, seperti mencegah erosi dan melestarikan sumber daya air.
  3. Pengetahuan penduduk desa menjadi semakin meningkat. Pengetahuan mengenai usaha-usaha di bidang non-agraris menjadi lebih terbuka, tidak terbatas di bidang pertanian saja. Contohnya, pengetahuan tentang masalah perdagangan dan ekonomi desa.
  4. Peningkatan hubungan antara desa dan kota karena adanya perluasan jaringan lalu lintas.
  5.  Wargapedesaan yang memiliki pengetahuan luas mengenai masalah pembangunan dapat menjadi penggerak kemajuan warga.
  6. Teknologi tepat guna di bidang pertanian dan peternakan untuk meningkatkan produktivitas dan penghasilan penduduk desa.
  7. Campur tangan pemerintah pusat dan daerah telah meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil pertanian.
  8. Masuknya komoditas tanaman perdagangan sebagai pengganti tanaman pertanian.
  1. Pengaruh Negatif bagi Desa

Pengaruh negatif interaksi antara desa dan kota bagi desa antara lain sebagai berikut.

  1.  Banyaknya lowongan pekerjaan di berbagai bidang telah banyak menyerap pemuda desa sehingga desa mengalami kekurangan tenaga kerja potensial di bidang pertanian.
  2.   Adanya modernisasi di kota dapat mendorong masyarakat desa untuk meninggalkan pekerjaan di sektor pertanian. Akibatnya, banyak lahan pertanian yang tidak tergarap.
  3.   Banyaknya orang kaya yang membeli tanah di pedesaan dapat mengubah tata guna lahan di pedesaan.
  4. Pengaruh televisi dan media massa juga mempunyai segi negatif, misalnya pengaruh siaran-siaran yang tidak pantas dan film-film yang kurang mendidik.
  5. Masuknya kebudayaan kota ke desa yang kurang sesuai dengan kebudayaan ataupun tradisi desa. Hal ini cenderung mengganggu adat istiadat atau budaya desa.
  1.    Pengaruh Positif bagi Kota

Pengaruh positif interaksi antara desa dan kota bagi kota antara lain sebagai berikut.

  1.  Banyaknya penduduk desa yang pergi ke kota mengakibatkan kota mengalami tenaga kerja melimpah.
  2. Tercukupinya kebutuhan bahan pangan bagi penduduk kota karena mendapatkan suplai dari daerah pedesaan.
  3.   Kota menjadikan desa sebagai daerah pemasaran berbagai produk yang dihasilkan. Hal ini memberikan keuntungan yang melimpah bagi kota.
  1.    Pengaruh Negatif bagi Kota

Pengaruh negatif interaksi antara desa dan kota bagi kota antara lain sebagai berikut.

  1. Banyaknya penduduk dari desa tanpa keahlian yang pergi ke kota dapat menyebabkan pengangguran dan berbagai masalah kependudukan.
  2.  Banyak permukiman kumuh di kota sebagai tempat tinggal orang-orang yang tidak dapat bersaing dengan kehidupan di kota.
  3.  Terjadi degradasi (penurunan) kualitas lingkungan akibat pembangunan secara besar-besaran di wilayah kota. Terjadi degradasi (penurunan) kualitas lingkungan akibat pembangunan secara besar-besaran di wilayah kota.
  4. Semakin mahalnya harga lahan dan tempat tinggal di kota, bahkan mustahil dapat terbeli oleh penduduk dari desa.

Baca Artikel Lainnya: