Bioteknologi adalah: Pengertian, Jenis, Manfaat, Akibat

Bioteknologi adalah: Pengertian, Jenis, Manfaat, Akibat

Definisi bioteknologi

Bioteknologi sebenarnya berasal dari dua kata yaitu bio yaitu “makhluk hidup”, dan teknologi. Sehingga kita dapat meluluskan bioteknologi sebagai salah satu cabang ilmu yang dapat mempelajari bagaimana memanfaatkan makhluk hidup seperti bakteri, virus, jamur, dll untuk menjadi barang atau jasa yang dapat berguna dalam kehidupan manusia.

Bioteknologi-adalah-Pengertian-Jenis-Manfaat-Akibat

Saat ini, bioteknologi merupakan ilmu terapan karena bioteknologi tidak hanya didasarkan pada dasar-dasar biologi, tetapi juga merupakan penggabungan dari cabang ilmu lain seperti biokimia, komputer, biologi molekuler, dll.

Padahal, bioteknologi sudah dikenal ratusan tahun atau lebih. Buktinya pada masa itu, banyak orang akan menggunakan makhluk hidup untuk membantu pembuatan suatu barang. Misalnya bir, tape atau roti yang dibuat dengan menggunakan mikroorganisme berupa bakteri yang melalui proses fermentasi. Di bidang kesehatan, bioteknologi juga dapat digunakan untuk menemukan vaksin, antibiotik atau insulin dalam beberapa abad terakhir. Sejak tahun 1950-an, perkembangan bioteknologi berkembang pesat. Hal ini ditandai dengan ditemukannya teknologi modern yang juga dapat meningkatkan pemanfaatan makhluk hidup. Pada titik ini, makhluk hidup tidak lagi digunakan secara tradisional, tetapi dengan berbagai manipulasi yang dilakukan terhadap makhluk hidup tersebut untuk memaksimalkan hasil yang diperoleh.

Perkembangan ilmiah seperti rekayasa genetika, kultur jaringan, DNA rekombinan, budidaya sel induk, kloning atau lainnya memungkinkan kita untuk mencapai hasil yang semaksimal mungkin. Perkembangan ini akan berkembang seiring waktu untuk penelitian baru.
Lihat juga: Pakaian Adat Sumatera Utara

Jenis bioteknologi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, akan ada bioteknologi tradisional atau bioteknologi modern. Pentingnya kedua jenis bioteknologi tersebut adalah sebagai berikut …
1. Bioteknologi tradisional

Konsep bioteknologi tradisional adalah bioteknologi yang sifatnya sangat sederhana, menggunakan mikroorganisme alami (mikroba) yang alami sejak awal, dan menawarkan peluang tanpa dasar ilmiah.
2. Bioteknologi modern

Yang dimaksud bioteknologi modern adalah bioteknologi organisme hasil rekayasa genetika, yang akan melalui perlakuan yang dapat mengubah dasar penentuan viabilitas dengan mengubah struktur genetik yang dapat menentukan sifat-sifat spesifik suatu organisme sehingga akan berlangsung. secara efisien atau efektif.
Manfaat bioteknologi

Bioteknologi juga memiliki banyak manfaat bagi kehidupan makhluk hidup, apalagi sekarang bioteknologi berkembang pesat. Ada juga semakin banyak alat untuk mengembangkan bioteknologi. Contohnya adalah mikroskop yang dapat digunakan untuk melihat organisme kecil yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.

Keunggulan bioteknologi adalah:

1. Membuat obat

Bioteknologi biasanya akan menghasilkan obat yang lebih murah dan efektif, seperti produksi hormon insulin, yang dimulai dari gen bakteri E. coli.
2. Menghasilkan antibiotik

Dapat menghasilkan antibiotik untuk membunuh berbagai penyakit berbahaya. Saat ini banyak tersedia antibiotik di apotek yang murah dan efektif untuk pengobatan.
3. Mengurangi polusi

Bioteknologi juga dapat membantu mengurangi pencemaran, misalnya: Ada beberapa bakteri yang dapat membantu dalam daur ulang, menghancurkan sampah organik atau mengurangi efek tumpahan minyak yang bertebaran di lautan.
Efek positif dan negatif
Efek positif dari bioteknologi

Banyak sekali produk bioteknologi baru yang bisa digunakan. Artinya, bioteknologi berdampak positif bagi manusia.

Di bawah ini adalah beberapa efek positif, termasuk:

Dapat menambah nilai suatu bahan makanan. Misalnya, pengolahan makanan susu bisa diubah menjadi yogurt, keju, dan mentega.
Dapat membantu mengatasi kekurangan makanan seperti protein dan vitamin. Dengan menggunakan bioteknologi, pangan tersebut juga dapat diproduksi lebih cepat tanpa membutuhkan ruang yang cukup.
Dapat mengatasi kesulitan mendapatkan keturunan, misalnya dengan bayi tabung.
Dapat membantu mengatasi gangguan kesehatan dengan memberikan obat-obatan pemberantasan penyakit dengan lebih murah
Dapat meningkatkan jenis ketahanan tanaman terhadap hama dan penyakit pada tanaman.

 

 

LIHAT JUGA :

http://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/bokeh/

https://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/bokeh/

https://www.sudoway.id/bokeh/

http://serisekarsari.bm.uma.ac.id/2021/03/01/alight-motion-pro/

http://serisekarsari.bm.uma.ac.id/2021/03/01/aplikasi-efek-bokeh/

http://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/alight-motion-pro-apk/

https://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/alight-motion-pro/

http://rosdiana.stkipdamsel.ac.id/bokeh/

http://ayurf.blog.unjaniyogya.ac.id/bokeh/

http://pgpaud.fip.unp.ac.id/10-aplikasi-video-bokeh-android/